Introduksi Teknologi Pasca Panen dan Pemasaran Pada Kelompok Tani Penghasil Buah Tomat di Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa

  • Hasriani Hasriani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Arwati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahma Yuniartie Asih Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muh. Arief Alamsyah Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: buah tomat, teknologi, pasca panen, pemasaran, Bontolempangan

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi melimpahnya produksi buah tomat dan minimnya pengetahuan petani mengenai teknologi pasca panen dan pemasarannya. Di sisi lain, permintaan buah tomat cukup tinggi, namun dalam proses penanganan pasca panen mengalami banyak susut yang menimbulkan kerugian. Pemasaran yang dilakukan juga melibatkan lembaga pemasaran yang panjang. Kelompok Tani Batu Donggia di Desa Bontotangga Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa menghadapi masalah dalam bidang pascapanen dan pemasaran pada usaha tani buah tomat. Pengabdian ini secara umum bertujuan memberikan introduksi penerapan teknologi pasca panen dan pemasaran bagi petani tomat untuk mengurangi besarnya susut pasca panen dan harga tomat yang tidak stabil. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini yaitu introduksi dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan (ceramah dan demonstrasi). Kegiatan dimulai dengan penyuluhan mengenai pelaksanaan sortasi dan grading buah tomat segar sesuai SNI 01-3162-1992 dan pengenalan serta pengaplikasian wadah penunjang pasca panen, seperti keranjang plastik dan kotak kayu. Dilanjutkan dengan pelatihan packaging dan labeling buah tomat sebelum dipasarkan yang diikuti dengan pembuatan media sosial serta marketplace. Terakhir dilakukan pelatihan pembuatan produk saos tomat dan kurma tomat. Hasil pengbadian pada masyarakat ini yakni mitra sasaran yang sudah memamahami serta lanjut mempraktekkan materi pelatihan yang telah diberikan untuk dijadikan program pengembangan usaha kelompok tani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, L., & Gendro Sari, S. (2019). Diversifikasi Produk Olahan Berbasis Tomat Pada Kelompok Wanita Tani Kambang Tanjung Desa Parigi Kacil Kabupaten Tapin, Al-Ikhlas, 5(1).

Makkasau, M., Angriani, E., Elfrida, H., Izzahtul Azizah, I., & Anugrawan, R. (2021). Pengolahan Tomat Menjadi Kurma Tomat dengan Teknik Tradisional untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Dusun Tarian. Maspur Journal of Community Empowerment, 3(1).

Najah, K., Khaerun, E. Basuki, & A. A. (2015). Pengaruh Konsentrasi Chitosan Terhadap Sifat Fisik dan Kimia Buah Tomat. Pro Food (Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan), 1(2).

Nurul Hidayah, L., Marina, I., & Sumantri, K. (2022). Pengaruh Market Place Terhadap Peningkatan Pendapatan Petani Cabai di Sentra Majalengka. Journal of Innovation.

Perdana, D., Nurmawaty Sigiro, O., & Negeri Sambas, P. (2021). Simulasi Transportasi Tomat dan Perubahan Mutu Tomat Selama Penyimpanan. Journal of Food Technology and Agroindustry, 3.

Purwanto, R., Hafsarah, R., Somantri, O., & Perdanawanti, L. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Informasi Pemasaran Online Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Petani Hortikultura Cilacap. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3).

Sucita, R., Tangkesalu, D., & Lamusa, A. (2017). Analisis Pemasaran Usahatani Tomat Di Desa Nupabomba Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala. Agrotekbis : E-Jurnal Ilmu Pertanian, 5(2), 260-268. Retrieved from http://jurnal.faperta.untad.ac.id/index.php/agrotekbis/article/view/138

Siahaan, J., Aviantara, I., & Tika, I. (2019). Strategi Pengendalian Pascapanen Mutu Tomat (Solanum lycopersicum) di Desa Angseri Kabupaten Tabanan Bali.. Jurnal BETA (Biosistem Dan Teknik Pertanian), 8(2), 380-388. https://doi.org/10.24843/JBETA.2020.v08.i02.p24

Syahfitri, J., Hidayat, T., & Fitriani, A. (2022). Pengolahan Tomat (Solanum lycopersicum) Menjadi Saos dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Pekik Nyaring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Royal, 5(3). https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i3.1499

Widyasari, R., Sulastri, Y., Abbas Zaini, M., & Rini Nofrida Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri. (2019). Penerapan Teknologi Pengolahan Tomat Menjadi Produk Bernilai Ekonomi di Desa Gumantar Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Abdi Mas TPB, 1.

Published
2023-08-02
How to Cite
Hasriani, H., Arwati, S., Asih, R. Y., & Alamsyah, M. A. (2023). Introduksi Teknologi Pasca Panen dan Pemasaran Pada Kelompok Tani Penghasil Buah Tomat di Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa. Madaniya, 4(3), 871-881. https://doi.org/10.53696/27214834.479
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)