Pelatihan Bahasa Inggris Kepada Guide Cilik dengan Menggunakan Media Flash Card Berbasis Kearifan Lokal Pada Lokasi Wisata Ke’te’ Kesu’ Toraja Utara

  • Shilfani Shilfani Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Astriwati Biringkanae Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Nilma Taulabi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Elim Trika Sudarsi Universitas Kristen Indonesia Toraja
Keywords: pelatihan, Bahasa Inggris, flash card, kearifan lokal

Abstract

Ke’te’ Kesu merupakan salah satu situs warisan budaya tertua adat Toraja. Terletak di wilayah Lembang La’bo’, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara. Terletak tidak jauh dari jantung kota Rantepao. Meskipun menjadi salah satu objek wisata primadona khususnya para wisatawan mancanegara dengan akses dan sarana yang memadai, Ke’te’ Kesu’ tidak luput dari kekurangannya. Setelah melakukan observasi di lokasi mitra yaitu lokasi wisata Ke’te’ Kesu’, kami menemukan beberapa permasalahan berdasarkan pengalaman pengajar terhadap peserta didik, antara lain rendahnya kemampuan bahasa Inggris bagi mitra dan warga setempat dalam berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara. Atas permasalahan ini, tim PKM dari UKI Toraja berinisiatif berkoordinasi dengan pengelolah objek wisata setempat untuk melakukan kegiatan pelatihan bahasa Inggris dengan metode yang telah disiapkan tim pengajar yaitu melalui media flash card. Metode ajar yang efesien, menyenangkan dan mudah dipahami melalui sebuah kartu bergambar. Permasalahan peserta didik dalam mengikuti pelatihan bahasa Inggris yaitu: 1) terbatasnya pengetahuan dan wawasan mengenai metode pembelajaran melalui media; dan 2) rendahnya pengetahuan terkait akses sumber belajar bahasa Inggris. Oleh Karena itu melalui kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi para guide cilik dalam hal ini sebagai target peserta untuk menambah referensi/literasi mereka khususnya literasi dalam bentuk media pembelajaran. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah mitra adalah: 1). Memberikan pelatihan terkait akses sumber belajar bahasa Inggris menggunakan flash card berbasis kearifan lokal; 2). memberikan pelatihan mengenai penggunaan flash card dalam pembelajaran bahasa Inggris. Metode unik untuk pengenalan kosakata. Kegiatan ini akan dilaksanakan tahun 2022 selama 6 bulan dengan banyaknya pertemuan 3 kali dalam seminggu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fitriyani, E. & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167-182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Laras. (2021). 7 Manfaat Flash Cards, Bermain dan Belajar yang Asyik. https://berkeluarga.id/2021/01/29/7-manfaat-flash-card-bermain-dan-belajar-yang-asyik/ diakses Oktober 2022

Published
2023-08-19
How to Cite
Shilfani, S., Biringkanae, A., Taulabi, N., & Sudarsi, E. T. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris Kepada Guide Cilik dengan Menggunakan Media Flash Card Berbasis Kearifan Lokal Pada Lokasi Wisata Ke’te’ Kesu’ Toraja Utara. Madaniya, 4(3), 1288-1294. https://doi.org/10.53696/27214834.545
Section
Artikel