Edukasi Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD KRR) di Pondok Pesantren Darul Ma’Arif Numbay Kota Jayapura
Abstract
Pesantren tertinggal jauh dalam hal kesehatan reproduksi. Kurangnya sumber daya dan dukungan terhadap pendidikan kesehatan reproduksi merupakan salah satu faktor penyebabnya, begitu pula stigma sosial seputar diskusi tentang kesehatan seksual dan reproduksi. Edukasi melalui metode permainan ular tangga dan media flip sheet dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman dan cara pandang remaja terhadap tiga risiko utama kesehatan reproduksi. Pemahaman remaja terhadap tiga risiko utama kesehatan reproduksi diharapkan dapat ditingkatkan melalui proyek pengabdian masyarakat ini. Edukasi diberikan melalui permainan seperti ular tangga dan flip sheet sebagai sarana dalam melakukan aktivitas. Tiga puluh remaja putri dilibatkan dalam acara tersebut. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa langkah: membiasakan remaja dengan permainan tangga, melakukan pre-test untuk mengukur pengetahuan dan sikap TRIAD KRR, mengajari mereka tentang program melalui permainan dan media lainnya, dan terakhir, check in untuk melihat. bagaimana keadaannya (post test). Remaja semakin memahami cara menjaga kesehatan reproduksinya dari penyakit HIV/AIDS, memiliki sikap yang lebih positif terhadap TRIAD KRR, serta mampu mempertahankan perilaku terhadap seks bebas dan narkoba setelah mendapat edukasi melalui permainan ular tangga dan media flip sheet.
Downloads
References
BNN. (2020). Angka Prevalensi Penyalahguna Narkoba Nasional Tahun 2020. Jakarta: Badan Narkotika Nasional.
BNNP Papua. (2021). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) BNNP Papua Tahun 2021. Jayapura: Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua.
BPS. (2019). Statistik Indonesia 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Daryanti, M. S., & Triana, I. (2020). Pemberian Informasi Melalui Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Tentang HIV/AIDS Pada Siswa di SMAN 1 Gamping Yogyakarta. Jurnal JKFT, 5(2), 46–53. https://doi.org/10.31000/jkft.v5i2.3921.g2115
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Jayapura. (2019). Profil Dinas Kesehatan Propinsi Papua tahun 2018. Retrieved January 1, 2024, from https://sippn.menpan.go.id/instansi/168682/pemerintah-kota-jayapura/dinas-pemberdayaan-perempuan-perlindungan-anak-dan-kb
Handayani, F. (2020). Peningkatan Pengetahuan Siswa Sma Muhammadiyah Tentang Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja (Triad Krr). Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.26714/jpmk.v2i1.5363
Johariyah, A., & Mariati, T. (2018). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Pemberian Modul Terhadap Perubahan Pengetahuan Remaja. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 4(1), 38–46. https://doi.org/10.29241/jmk.v4i1.100
Kemenkes RI. (2020). Laporan Perkembangan Hiv Aids Dan Penyakit Infeksi Menular Seksual (PIMS) Triwulan I Tahun 2021. Jakarta: Kemenkes RI."
Maineny, A., Hadina, H., Tondong, H. I., & Pont, A. V. (2022). Pendidikan Kesehatan dengan Medula untuk Peningkatan Pengetahuan Remaja. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 604–611. https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i3.1237
Martinah, M. (2023). Minat Remaja Putri Menjadi Peer Counselor Tentang Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja Menggunakan Video Animasi Dan Ular Tangga. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Nuryanti, A., & Setyaningsih, R. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Kesehatan Reproduksi dari Sudut Pandang Biologis dan Agama. Abdimas Universal, 4(2), 198–204. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v4i2.215
Rismawati, S., Gantini, D., & Mintarsih, W. (2021). Upaya Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Melalui Permainan Ular Tangga Di SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya. Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera (EMaSS): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 100–105. https://doi.org/10.37160/emass.v2i2.616
Romauli, S., & Wahyuni, S. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Lembar Balik dan Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi di Kelurahan Awiyo Kota Jayapura. Prosiding Forum Ilmiah Tahunan VI IAKMI, 1–10. Retrieved from http://jurnal.iakmi.id/index.php/FITIAKMI/article/view/76
Rusdianingseh, R., & Hatmanti, N. M. (2019). Pengalaman Santriwati Dalam Menjaga Kesehatan Reproduksi Saat Menstruasi. The Indonesian Journal of Health Science, 11(2), 137–142. https://doi.org/10.32528/ijhs.v11i2.2956
Sunarti, S. (2018). Sikap Remaja tentang Triad KRR (Seksualitas, Napza, HIV/AIS) di Kelompok PIK R tahap Tegar. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(2), 105–110. https://doi.org/10.26699/jnk.v5i2.ART.p105-110
Suryani, E. (2021). Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Di SMA Negeri 2 Kota Padangsidimpuan: Increasing Adolescent Knowledge About Adolescent Reproductive Health in SMA Negeri 2 Padangsidimpuan City. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita, 2(1), 134–139. https://doi.org/10.54771/jpmbp.v2i01.204
Yusefni, E., Syurya, H. R., & Sari, R. P. (2022). Edukasi Pencegahan Masalah TRIAD KRR pada Remaja Di Kecamatan Naggalo Kota Padang. Prosiding Semnas Hilirisasi Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022, 202–208. Retrieved from https://www.ejurnal.poltekkesjakarta3.ac.id/index.php/ProsidingSEMNAS2022/article/view/1147
Copyright (c) 2024 Suryati Romauli, Nouvy Helda Warouw
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.