Pelatihan Pengembangan Keterampilan Praktis Masyarakat pada Bidang Pertanian dan Peternakan di Dusun Rawagede Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua

  • Jidan Ramadani IPB University
  • Chintya Nur Rahmayanti IPB University
  • Fadli Aulia Finesta Putra Prana IPB University
  • Ayu Amalia Sari IPB University
  • Hafizudin Hafizudin IPB University
  • Hamzah Alfaris IPB University
  • Hotmansoh Gajah Manik IPB University
  • Khalisa Rahma Ardhiani IPB University
  • Lintang Alya Nuha IPB University
  • Muhammad Arsyi IPB University
  • Nadya Nur Annisa IPB University
  • Ratna Atika Huwaida IPB University
  • Unggul Oktaviani Maranto IPB University
  • Yannefri Bakhtiar IPB University
Keywords: kelompok tani, keterampilan praktis, pelatihan, pertanian, peternakan

Abstract

Kegiatan pertanian dan peternakan merupakan kegiatan utama yang dilakukan masyarakat pedesaan yang dijadikan sebagai mata pencaharian, sebagian lahan pemukiman di Dusun Rawagede telah dimanfaatkan untuk pertanian dan peternakan oleh masyarakat. Selain bekerja sebagai buruh lepas di sektor perkebunan teh, masyarakat Rawagede juga melakukan budidaya pada komoditas lain, seperti komoditas kopi, ternak sapi, dan ternak domba. Dusun Rawagede memiliki kelompok tani yang dinamakan Lestari Maju Bersama, kelompok tani ini memiliki anggota sebanyak 38 orang. Agar kegiatan pertanian dan peternakan dapat berkembang, maka diperlukan upaya dengan melakukan pelatihan praktis terkait bidang pertanian dan peternakan. Kegiatan ini perlu dilakukan mengingat minimnya pengetahuan masyarakat terkait keterampilan praktis di bidang pertanian dan peternakan. Program pelatihan yang diberikan adalah pelatihan pemangkasan kopi, pembuatan silase, dan teknik budidaya rumput pakchong. Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara offline oleh Kelompok Rawagede Site dalam kegiatan Sixth University Initiative Japan Indonesia Service Learning Program Indonesia (SUIJI-SLP Indonesia) tahun 2023 pada 28 Februari – 8 Maret 2023. Pelatihan pemangkasan kopi, pembuatan silase, dan teknik budidaya rumput pakchong dilakukan dengan menggunakan peralatan dan bahan yang mudah ditemukan agar masyarakat dapat melakukan kegiatan pertanian dan peternakan dengan mandiri. Pelatihan yang diselenggarakan bagi para petani dan peternak di Dusun Rawagede menunjukkan hasil yang positif, seiring dengan peningkatan pemahaman mereka tentang teknik pemangkasan kopi, pembuatan silase, dan budidaya rumput pakchong. Kedepannya, diharapkan terdapat kegiatan serupa yang dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan petani dan peternak terkait keterampilan praktis lainnya di Dusun Rawagede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakce, D., Mulyadi, A., Syahza, A., Saam, Z., Adiwirman, & Rossi, E. (2020). Introduksi dan budidaya hijauan pakan ternak sebagai upaya penyediaan pakan ternak berkelanjutan: Pengabdian kepada masyarakat di Desa Koto Simandolak, Kabupaten Pelalawan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020. 164-168.

Hanna, W. W., Chaparro, C. J., Mathews, B. W., Burns, J. C., Sollenberger, L. E., & Carpenter, J. R. (2004). Perennial Pennisetums. In: Moser LE; Burson BL; Sollenberger LE, eds. Warm- Season (C4) grasses. American Society of Agronomy Monograph Series, No. 45.

Larangahen, A., Bagau, B., Imbar, M.R., & Liwe, H. (2017). Pengaruh penambahan molases terhadap kualitas fisik dan kimia silase kulit pisang sepatu. Jurnal Zootek, 37(1), 156-166.

Martini, E., Riyandoko, & Roshetko, J.M. (2017). Pedoman Membangun Program Agroforestry Kopi. Bogor: Agroforestry Centre (ICRAF) Southeast Asia Regional Program.

Rahardjo, P. (2012). Kopi: Panduan Budi Daya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Kopi Robusta. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sarian, Z. B. (2013). A Super Grass from Thailand. htpps//zacsarian.com

Subekti, G., Suwarno, & Hidayat, N. (2013). Penggunaan beberapa aditif dan bakteri asam laktat terhadap karakteristik fisik silase rumput gajah pada hari ke-14. Jurnal Ilmiah Peternakan, 1(3), 835-841.

Published
2023-05-15
How to Cite
Ramadani, J., Rahmayanti, C. N., Prana, F. A. F. P., Sari, A. A., Hafizudin, H., Alfaris, H., Manik, H. G., Ardhiani, K. R., Nuha, L. A., Arsyi, M., Annisa, N. N., Huwaida, R. A., Maranto, U. O., & Bakhtiar, Y. (2023). Pelatihan Pengembangan Keterampilan Praktis Masyarakat pada Bidang Pertanian dan Peternakan di Dusun Rawagede Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua. Madaniya, 4(2), 677-688. https://doi.org/10.53696/27214834.424
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)