Pendampingan dalam Motivasi Pendidikan Anak di Kelurahan Nikan Jaya Kota Madani Lubuklinggau

  • Agus Susilo Universitas PGRI Silampari
  • Marianita Marianita Universitas PGRI Silampari
  • Andriana Sofiarini Universitas PGRI Silampari
Keywords: pendampingan, pendidikan anak, Lubuklinggau

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Dosen Universitas PGRI Silampari di Kelurahan Nikan Jaya Kota Lubuklinggau ini dilator belakangi oleh keadaan masyarakat khususnya generasi mudanya. Sebagai Kota penghubung antar Kota dan Kabupaten, perkembangan Kota Lubuklinggau semakin berkembang dan maju. Kegiatan dialokasikan di wilayah Nikan Jaya karena daerah ini adalah salah satu daerah sibuk dalam mengembangkan karir. Sehingga perhatian kepada anak-anaknya sedikit berkurang. Metode pelaksanaan yang digunakan meliputi: Observasi, Sosialisasi, dan Pendampingan. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik masyarakat dan kendala-kendala yang terjadi dilapangan. Kemudian sosialisasi dilakukan untuk menjelaskan dan memaparkan materi terkait tema pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan untuk pendampingan ini berarti mendampingi mitra dalam mengembangkan Pendidikan anak yang saat ini menjadi permasalahan dalam kehidupan sosial di Kelurahan Nikan Jaya. Hasil utama dalam kegiatan ini adalah kegiatan ini terlaksana selama dua hari yang menghasilkan diskusi yang sejalan dengan kegiatan yang dikembangkan. Masyarakat sebagai mitra sangat antusias sekali. Dalam menunjang kegiatan pendampingan ini diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan terkait Pendidikan anak di era globalisasi. Simpulan dari kegiatan ini adalah kegiatan PKM yang telah dilaksanakan harus terus dikembangkan oleh masyarakat. Hal-hal yang sudah diberikan harus dijalankan dengan baik. Orang tua harus bijaksana karena anak adalah aset di masa depan dalam pembangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amadi, A. S. M. (2022). Pendidikan di Era Global: Persiapan Siswa untuk Menghadapi Dunia yang Semakin Kompetitif. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 153–164. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9439

Brata, I. B. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Gending Rare sebagai Upaya Melestarikan Kearifan Lokal Bali. Diakronika, 19(1), 50–65.

Fauzi, N. & M. A. A. A. I. (2020). Dampak Era Globalisasi di Pendidikan (Pendidik Dan Peserta Didik). MISOOL : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 24–36. Retrieved from https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Misool/article/view/563

Kholillah, M., Furnamasari, Y., & Dewi, D. (2022). Peran Pendidikan Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(5), 515–518. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2508

Nuriyati, T., & Chanifudin, C. (2020). Pendidik Millenial di Era Globalisasi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 361–372. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.118

Nurul Fitri, S. F. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148

Oktavia, M., dkk. (2022). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(2), 122–128. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1821

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63–66.

Wirasasmita, R. & E. H. (2020). Implementasi Model Pendidikan Masyarakat pada Era Globalisasi. MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 5(2), 161–176. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i2.28873

Published
2023-05-15
How to Cite
Susilo, A., Marianita, M., & Sofiarini, A. (2023). Pendampingan dalam Motivasi Pendidikan Anak di Kelurahan Nikan Jaya Kota Madani Lubuklinggau. Madaniya, 4(2), 601-609. https://doi.org/10.53696/27214834.452
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)