Pendampingan dalam Motivasi Pendidikan Anak di Kelurahan Nikan Jaya Kota Madani Lubuklinggau
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Dosen Universitas PGRI Silampari di Kelurahan Nikan Jaya Kota Lubuklinggau ini dilator belakangi oleh keadaan masyarakat khususnya generasi mudanya. Sebagai Kota penghubung antar Kota dan Kabupaten, perkembangan Kota Lubuklinggau semakin berkembang dan maju. Kegiatan dialokasikan di wilayah Nikan Jaya karena daerah ini adalah salah satu daerah sibuk dalam mengembangkan karir. Sehingga perhatian kepada anak-anaknya sedikit berkurang. Metode pelaksanaan yang digunakan meliputi: Observasi, Sosialisasi, dan Pendampingan. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik masyarakat dan kendala-kendala yang terjadi dilapangan. Kemudian sosialisasi dilakukan untuk menjelaskan dan memaparkan materi terkait tema pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan untuk pendampingan ini berarti mendampingi mitra dalam mengembangkan Pendidikan anak yang saat ini menjadi permasalahan dalam kehidupan sosial di Kelurahan Nikan Jaya. Hasil utama dalam kegiatan ini adalah kegiatan ini terlaksana selama dua hari yang menghasilkan diskusi yang sejalan dengan kegiatan yang dikembangkan. Masyarakat sebagai mitra sangat antusias sekali. Dalam menunjang kegiatan pendampingan ini diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan terkait Pendidikan anak di era globalisasi. Simpulan dari kegiatan ini adalah kegiatan PKM yang telah dilaksanakan harus terus dikembangkan oleh masyarakat. Hal-hal yang sudah diberikan harus dijalankan dengan baik. Orang tua harus bijaksana karena anak adalah aset di masa depan dalam pembangunan.
Downloads
References
Amadi, A. S. M. (2022). Pendidikan di Era Global: Persiapan Siswa untuk Menghadapi Dunia yang Semakin Kompetitif. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 153–164. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9439
Brata, I. B. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Gending Rare sebagai Upaya Melestarikan Kearifan Lokal Bali. Diakronika, 19(1), 50–65.
Fauzi, N. & M. A. A. A. I. (2020). Dampak Era Globalisasi di Pendidikan (Pendidik Dan Peserta Didik). MISOOL : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 24–36. Retrieved from https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Misool/article/view/563
Kholillah, M., Furnamasari, Y., & Dewi, D. (2022). Peran Pendidikan Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(5), 515–518. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2508
Nuriyati, T., & Chanifudin, C. (2020). Pendidik Millenial di Era Globalisasi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 361–372. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.118
Nurul Fitri, S. F. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148
Oktavia, M., dkk. (2022). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(2), 122–128. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1821
Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63–66.
Wirasasmita, R. & E. H. (2020). Implementasi Model Pendidikan Masyarakat pada Era Globalisasi. MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 5(2), 161–176. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i2.28873
Copyright (c) 2023 Agus Susilo, Marianita Marianita, Andriana Sofiarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.