Ruang Lingkup Program Kegiatan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 SDN 4 Karangrejo

  • Dewiarum Sari Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Sandryas Alief Kurniasanti Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Desna Ayu Wijayanti Universitas Muhammadiyah Karanganyar
Keywords: kampus mengajar, ruang lingkup, program kegiatan mahasiswa, SDN 4 Karangrejo

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh program dari Kemendikbud yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui kegiatan Kampus Mengajar. Kampus mengajar diperkenalkan dan dilaksanakan sejak tahun 2020 hingga sekarang sudah sampai Angkatan 5. Tujuan adanya kegiatan kampus mengajar yaitu memberdayakan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan lintas disiplin ilmu dalam membantu proses pembelajaran dari berbagai sekolah diberbagai wilayah Indonesia baik Sekolah Dasar maupun Sekolah Menegah Pertama yang berada pada daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar). Adapun sekolah yang menjadi fokus tempat pelaksanaan program Kampus Mengajar Angkatan 5 yaitu SDN 4 Karangrejo di Jln. Ikan Waderpari 49, Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Ruang Lingkup program yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa selama penugasan yaitu mengajar dalam membantu peningkatan literasi dan numerasi, adaptasi teknologi serta membantu administrasi sekolah. Hasil yang diperoleh selama melaksanakan program kegiatan kampus mengajar angkatan 5 memberikan dampak positif terhadap kemampuan literasi dan numerasi peserta didik, selain itu dewan guru di SDN 4 Karangrejo terbantu dengan kehadiran mahasiswa kampus mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajaria, S., Samti, I. N., & Rossanty, N. P. E. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi di SDN 10 Pantoloan, EBISMEN, 2(1), 160-169.

Fatimah., & Rahayu, A. (2021). Workshop Adaptasi Teknologi untuk Menunjang Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Di Sdn 056 Basseang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 43-48.

Hadiyati., Fatkhurahman., & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. DINAMISIA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 122-128.

Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif Mahasiswa Sebagai Agen of Change Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Social Science and Education, 2(2), 181-193.

Pardjono. (2000). Konsepsi Guru Tentang Belajar Dan Mengajar Dalam Perspektif Belajar Aktif. Jurnal Psikologi, 2, 73-83.

Published
2023-08-15
How to Cite
Sari, D., Kurniasanti, S. A., & Wijayanti, D. A. (2023). Ruang Lingkup Program Kegiatan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 SDN 4 Karangrejo. Madaniya, 4(3), 1122-1130. https://doi.org/10.53696/27214834.493
Section
Artikel