Menstimulasi Penguasaan English Vocabulary Berbasis Islamic Reading Bagi Siswa Madarasah Aliyah Pesantren Mizanul Ulum

  • Rusdiah Universitas Muslim Indonesia
  • Salim Hasan Universitas Muslim Indonesia
Keywords: pelatihan, stimulasi, English vocabulary, Islamic reading

Abstract

Program kegiatan ini diimplementasikan dalam bentuk pelatihan dan pembelajaran dengan merekognisi dan mengstimulasi penguasaan English Vocabulary Berbasis Islamic Reading, diharapkan nantinya dapat memberikan kontribusi kepada siswa dengan memberikan pengetahuan baru terkait dengan metode yang dipilih oleh tim pengabdi, sehingga nantinya dapat meningkatkan motivasi, antusiasme dan partisipasi aktif siswa dalam mempelajari English vocabulary sehingga tercipta suasana belajar yang happy. Pengabdian yang akan dilakukan sungguh meupakan kegiatan yang bersinergi secara positif dan berlangsung secara intensif pada setiap proses pembelajaran yang akan dilakukan dengan memberikan dan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif seperti audio visual aids, game, lagu dan ice breaking yang dapat memudahkan siswa untuk mengetahui materi English vocabulary Berbasis Islamic Reading secara komprehensif. Selama pelatihan berlangsung kegiatan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, collaborative learning dan demonstrasi dalam bentuk role play, pemberian materi disajikan secara face to face dengan memberikan praktik langsung yang mana melibatkan mitra dalam kegiatan tersebut. Hasil temuan dalam kegiatan ini yaitu siswa lebih merecognize English vocabulary yang berbasis Islamic reading. Selain itu, para pendidik di Pondok Pesantren MA Mizanul Ulum terinspirasi dan termotivasi untuk menggunakan Islamic reading dalam pembelajaran English vocabulary.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rohmah, Z. (2012). Incorporating Islamic messages in English teaching in the Indonesian context. International Journal of Social Science & Education.

Sulastri, dkk. (2021). Membangun Minat Siswa Sekolah Dasar Pemulung Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Melalui Metode Fun Learning. Madaniya, 2(3).

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24.

Ratnawati, Sulastri. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual Aids (AVA) dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris di TPA Jannatul Firdaus. Madaniya, 2(2).

Published
2023-11-20
How to Cite
Rusdiah, R., & Hasan, S. (2023). Menstimulasi Penguasaan English Vocabulary Berbasis Islamic Reading Bagi Siswa Madarasah Aliyah Pesantren Mizanul Ulum. Madaniya, 4(4), 1864-1870. https://doi.org/10.53696/27214834.650
Section
Artikel