Penyiapan Generasi Global Melalui Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa SD Negeri Empan

  • Umar Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ersa Anita Aulia Sekolah Tinggi Agama Islam Sumbawa
  • Supriadin Sekolah Tinggi Agama Islam Sumbawa
Keywords: generasi global, pembelajaran bahasa Inggris

Abstract

Kegiatan PKM Penyiapan Generasi Global melalui Pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa SDN Empan diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris siswa di SDN Empan yang terletak di Desa Labuhan Badas, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. SDN ini terletak 13 KM dari pusat kota Kabupaten Sumbawa. Kegiatan PKM ini merupakan kelanjutan dari program pendapingan belajar bahasa Inggris sebelumnya yang sudah dilaksanakan pada periode Maret s.d Mei 2023. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah: 1) Area sekolah sering dikunjungi tamu asing, dan 2) Diperlukan kesenambungan pembelajaran bagi siswa-siswa yang sudah mengikuiti pendampingan sebelumnya. Oleh karena itu, solusi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah; 1) Menyiapkan pengetahuan dan keterampilan bahasa Inggris yang memadai untuk bisa berinteraksi maksimal dengan para pengunjung asing tersebut, dan 2) Mendampingi dan melatih kecakapan berbahasa dan mempraktekannya, baik dalam kelas maupun berkunjung ke area wisata terdekat. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama tiga bulan, dimulai bulan Juni s.d Agustus 2023 dan meliputi tahapan; 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan Kegiatan; pelaksanaan program ini melibatkan kerjasama dua dosen dari kampus yang berbeda, 2) mahasiswa, dan sekolah mitra (SD Negeri Empan), 3) Evaluasi dilakukan melalui praktek berbicara dan berinteraksi dengan teman di depan kelas. Luaran yang diperoleh dari pelaksanaan PKM Pentiapan Generasi Global melalui Pembelajaran Bahasa Inggris siswa SD Negeri Empan terdiri dari dua luaran, yaitu luaran wajib dan luaran tambahan. Keluaran wajibnya adalah publikasi di jurnal ilmiah terakreditasi, dan luaran tambahannya adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris dasar siswa SD Negeri Empan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lesia, E. S., Petrus, I., & Eryansyah, E. (2022). Teaching English for Young Learners in Elementary School: Perceptions and Strategies. International Journal of Elementary Education, 6(1), 142–148.

Hapsari, A. (2019). Language Learning Strategies in English Language Learning: A Survey Study. Lingua Pedagogia: Journal of English Teaching Studies, 1(1), 58– 68.

Mahmud, M. (2017). Teaching students to develop paragraphs by poetry writing. International Journal of Language Education, 1(1), 37–50.

Milawati. (2019). English language teaching in elementary school: effective or not? Journal of English Teaching Adi Buana, 4(2), 122–130.

Rao, P. S. (2019). The role of english as a global language. Research Journal of English (RJOE), 4(1), 65–79.

Sukarno. (2008). Teaching english to young learners and factors to consider in designingthe materials. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 5(1), 57–73.

Tillayeva, S. (2020). Learning english language is essential in today’s world. JournalNX- A Multidisciplinary Peer Reviewed Journal, 6(11), 354–357.

Published
2023-11-21
How to Cite
Umar, U., Aulia, E. A., & Supriadin, S. (2023). Penyiapan Generasi Global Melalui Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa SD Negeri Empan. Madaniya, 4(4), 1964-1970. https://doi.org/10.53696/27214834.617
Section
Artikel