Penyiapan Generasi Global Melalui Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa SD Negeri Empan
Abstract
Kegiatan PKM Penyiapan Generasi Global melalui Pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa SDN Empan diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris siswa di SDN Empan yang terletak di Desa Labuhan Badas, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. SDN ini terletak 13 KM dari pusat kota Kabupaten Sumbawa. Kegiatan PKM ini merupakan kelanjutan dari program pendapingan belajar bahasa Inggris sebelumnya yang sudah dilaksanakan pada periode Maret s.d Mei 2023. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah: 1) Area sekolah sering dikunjungi tamu asing, dan 2) Diperlukan kesenambungan pembelajaran bagi siswa-siswa yang sudah mengikuiti pendampingan sebelumnya. Oleh karena itu, solusi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah; 1) Menyiapkan pengetahuan dan keterampilan bahasa Inggris yang memadai untuk bisa berinteraksi maksimal dengan para pengunjung asing tersebut, dan 2) Mendampingi dan melatih kecakapan berbahasa dan mempraktekannya, baik dalam kelas maupun berkunjung ke area wisata terdekat. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama tiga bulan, dimulai bulan Juni s.d Agustus 2023 dan meliputi tahapan; 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan Kegiatan; pelaksanaan program ini melibatkan kerjasama dua dosen dari kampus yang berbeda, 2) mahasiswa, dan sekolah mitra (SD Negeri Empan), 3) Evaluasi dilakukan melalui praktek berbicara dan berinteraksi dengan teman di depan kelas. Luaran yang diperoleh dari pelaksanaan PKM Pentiapan Generasi Global melalui Pembelajaran Bahasa Inggris siswa SD Negeri Empan terdiri dari dua luaran, yaitu luaran wajib dan luaran tambahan. Keluaran wajibnya adalah publikasi di jurnal ilmiah terakreditasi, dan luaran tambahannya adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris dasar siswa SD Negeri Empan.
Downloads
References
Lesia, E. S., Petrus, I., & Eryansyah, E. (2022). Teaching English for Young Learners in Elementary School: Perceptions and Strategies. International Journal of Elementary Education, 6(1), 142–148.
Hapsari, A. (2019). Language Learning Strategies in English Language Learning: A Survey Study. Lingua Pedagogia: Journal of English Teaching Studies, 1(1), 58– 68.
Mahmud, M. (2017). Teaching students to develop paragraphs by poetry writing. International Journal of Language Education, 1(1), 37–50.
Milawati. (2019). English language teaching in elementary school: effective or not? Journal of English Teaching Adi Buana, 4(2), 122–130.
Rao, P. S. (2019). The role of english as a global language. Research Journal of English (RJOE), 4(1), 65–79.
Sukarno. (2008). Teaching english to young learners and factors to consider in designingthe materials. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 5(1), 57–73.
Tillayeva, S. (2020). Learning english language is essential in today’s world. JournalNX- A Multidisciplinary Peer Reviewed Journal, 6(11), 354–357.
Copyright (c) 2023 Umar Umar, Ersa Anita Aulia, Supriadin Supriadin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.