Peningkatan Pengetahuan dan Kompetensi Guru SMPN 3 Majene Melalui Pelatihan Pelaksanaan Lesson Study

  • Muhammad Abdy Universitas Negeri Makassar
  • Fadhil Zil Ikram Universitas Sulawesi Barat
  • Dita Mulyana Ramadhani Universitas Sulawesi Barat
  • Rasydah Nur Tuada Universitas Sulawesi Barat
Keywords: lesson study, guru, kompetensi

Abstract

Pelatihan lesson study dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi guru-guru SMPN 3 Majene. Kegiatan pengabdian di laksanakan dari 1 Juni 2023 sampai 1 Juli 2023 dengan puncaknya berada pada 19 Juni 2023 yaitu berupa pelatihan pelaksanaan lesson study. Peserta kegiatan adalah guru-guru SMPN 3 Majene yang berjumlah 30 orang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap penyusunan laporan. Pada tahap persiapan, pembentukan tim dilakukan yang kemudian dilanjutkan dengan tahapan observasi dan wawancara untuk mengetahui kendala yang dibutuhkan oleh sekolah. Tahap pelaksanaan dilaksanakan di ruang guru dengan dihadiri oleh 30 guru. Pada tahap evaluasi, tim mengecek dan memeriksa respon guru-guru terhadap pelatihan yang telah dilaksanakan. Evaluasi dilakukan dengan melakukan wawancara dan menyebarkan angket. Pada tahap ini, tim juga memberikan tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilaksanakan. Terakhir, penyusunan laporan dilaksanakan yang disesuaikan dengan format yang telah disediakan. Berdasarkan hasil evaluasi, pelatihan pelaksanaan lesson study yang dibarengi dengan bedah artikel lesson study yang telah dilakukan dapat dikatakan berhasil dan efektif. Pelatihan berjalan lancar dan guru-guru memberikan respon positif terkait pengembangan pengetahuan dan kompetensi guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Abdy, Universitas Negeri Makassar

Mathematics Department

Fadhil Zil Ikram, Universitas Sulawesi Barat

Mathematics Education

Dita Mulyana Ramadhani, Universitas Sulawesi Barat

Elementary School Teacher Education Study Programme

Rasydah Nur Tuada, Universitas Sulawesi Barat

Physics Education Study Programme

References

Artayasa, I. P., Muhlis, Merta, I. W., & Hadiprayitno, G. (2022). Penyuluhan Pelaksanaan Lesson Study di SMA Negeri 1 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 217–222. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2525

Bahari, B. (2020). Pedagogical Knowledge: Analisis Kemampuan Pedagogik Guru IPS dalam Merancang Pembelajaran. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(1), 33. https://doi.org/10.29300/ijsse.v2i1.2726

Fitriani, S., & Wahyuni, U. (2020). Pelatihan Lesson Study Dan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Sarolangun. Journal of Character Education Society, 3(1), 136–144.

Isoda, M., & Olfos, R. (2021). Introduction: Japanese Theories and Overview of the Chapters in This Book. In M. Isoda & R. Olfos (Eds.), Teaching Multiplication with Lesson Study (pp. 1–21). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-28561-6_1

Khotimah, R. P. (2017). Pakom Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study. Warta LPM, 20(1), 24–31. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2854

König, J., Blömeke, S., Jentsch, A., Schlesinger, L., Née Nehls, C. F., Musekamp, F., & Kaiser, G. (2021). The links between pedagogical competence, instructional quality, and mathematics achievement in the lower secondary classroom. Educational Studies in Mathematics, 107(1), 189–212. https://doi.org/10.1007/s10649-020-10021-0

Laili, A. M. (2017). Pelatihan Lesson Study Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SDN 3 Karangan Trenggalek. J-Adimas, 5(1), 1–5.

Mamoh, O., & Bete, H. (2019). Pengembangan Diri Guru-Guru Matematika Se-Kabupaten Ttu Melalui Kegiatan Bimtek Penulisan Proposal dan Artikel Ilmiah. Bakti Cendana, 2(2), 49–57. https://doi.org/10.32938/bc.2.2.2019.49-57

Miftakh, F., Dewi, I. P., & Wachyudi, K. (2023). Pelatihan Lesson Study for Learning Community kepada Guru-Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhinneka Karawang. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 157–163.

Nashiroh, P. K., Ekarini, F., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1), 43. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22906

Olfos, R., & Isoda, M. (2021). Japanese Lesson Study for Introduction of Multiplication. In M. Isoda & R. Olfos (Eds.), Teaching Multiplication with Lesson Study (pp. 103–131). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-28561-6_5

Purwasih, J. H. G., & Perguna, L. A. (2018). Mengenalkan Lesson Study Melalui Pelatihan Guru di Lingkungan Madrasah Aliyah Kabupaten Malang. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 80. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p80-86

Rahayu, S., Sutrio, S., Hikmawati, H., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pelatihan Lesson Study Bagi Guru-Guru SMA Muhammadiyah Mataram untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v1i2.894

Salim, S., Jamiludin, J., Darnawati, D., Abubakar, S. R., Nurhayati, N., & Irawaty, I. (2020). Pelatihan Pengembangan Desain Instruksional Untuk Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 1(2), 95–105.

Shamdas, G. B., Bialangi, M., Bialangi, M., Buntu, A., & Buntu, A. (2022). Penyuluhan dan Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Lesson Study pada Guru SMP di Palu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 86. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4659

Subhanadri, S., Hakiki, M., Sabir, A., & Guswita, S. (2021). Pelatihan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2(1), 33–38. https://doi.org/10.52060/jppm.v2i1.489

Susilawati, S., Doyan, A., Kosim, K., Wahyudi, W., Zuhdi, M., Musanni, M., & Rahmawati, S. (2020). Pelatihan Lesson Study Bagi Guru Fisika di SMAN 5 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.506

Thamrin, T., Maipita, I., & Hutasuhut, S. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Berbasis Lesson Study di Sub Rayon SMKN 7 Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(4), 479. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i4.8598

Winarto, K. (2018). Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Lesson Study bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di SMP Binaan Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(4), 417. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.82

Yulianto, A., & Firman, F. (2021). Pelatihan Lesson Study di Sekolah Dasar. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 4(1), 43–54.

Published
2023-11-20
How to Cite
Abdy, M., Ikram, F. Z., Ramadhani, D. M., & Tuada, R. N. (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Kompetensi Guru SMPN 3 Majene Melalui Pelatihan Pelaksanaan Lesson Study. Madaniya, 4(4), 1826-1833. https://doi.org/10.53696/27214834.643
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)