Peningkatan Pengetahuan dan Kompetensi Guru SMPN 3 Majene Melalui Pelatihan Pelaksanaan Lesson Study
Abstract
Pelatihan lesson study dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi guru-guru SMPN 3 Majene. Kegiatan pengabdian di laksanakan dari 1 Juni 2023 sampai 1 Juli 2023 dengan puncaknya berada pada 19 Juni 2023 yaitu berupa pelatihan pelaksanaan lesson study. Peserta kegiatan adalah guru-guru SMPN 3 Majene yang berjumlah 30 orang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap penyusunan laporan. Pada tahap persiapan, pembentukan tim dilakukan yang kemudian dilanjutkan dengan tahapan observasi dan wawancara untuk mengetahui kendala yang dibutuhkan oleh sekolah. Tahap pelaksanaan dilaksanakan di ruang guru dengan dihadiri oleh 30 guru. Pada tahap evaluasi, tim mengecek dan memeriksa respon guru-guru terhadap pelatihan yang telah dilaksanakan. Evaluasi dilakukan dengan melakukan wawancara dan menyebarkan angket. Pada tahap ini, tim juga memberikan tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilaksanakan. Terakhir, penyusunan laporan dilaksanakan yang disesuaikan dengan format yang telah disediakan. Berdasarkan hasil evaluasi, pelatihan pelaksanaan lesson study yang dibarengi dengan bedah artikel lesson study yang telah dilakukan dapat dikatakan berhasil dan efektif. Pelatihan berjalan lancar dan guru-guru memberikan respon positif terkait pengembangan pengetahuan dan kompetensi guru.
Downloads
References
Artayasa, I. P., Muhlis, Merta, I. W., & Hadiprayitno, G. (2022). Penyuluhan Pelaksanaan Lesson Study di SMA Negeri 1 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 217–222. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2525
Bahari, B. (2020). Pedagogical Knowledge: Analisis Kemampuan Pedagogik Guru IPS dalam Merancang Pembelajaran. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(1), 33. https://doi.org/10.29300/ijsse.v2i1.2726
Fitriani, S., & Wahyuni, U. (2020). Pelatihan Lesson Study Dan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Sarolangun. Journal of Character Education Society, 3(1), 136–144.
Isoda, M., & Olfos, R. (2021). Introduction: Japanese Theories and Overview of the Chapters in This Book. In M. Isoda & R. Olfos (Eds.), Teaching Multiplication with Lesson Study (pp. 1–21). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-28561-6_1
Khotimah, R. P. (2017). Pakom Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study. Warta LPM, 20(1), 24–31. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2854
König, J., Blömeke, S., Jentsch, A., Schlesinger, L., Née Nehls, C. F., Musekamp, F., & Kaiser, G. (2021). The links between pedagogical competence, instructional quality, and mathematics achievement in the lower secondary classroom. Educational Studies in Mathematics, 107(1), 189–212. https://doi.org/10.1007/s10649-020-10021-0
Laili, A. M. (2017). Pelatihan Lesson Study Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SDN 3 Karangan Trenggalek. J-Adimas, 5(1), 1–5.
Mamoh, O., & Bete, H. (2019). Pengembangan Diri Guru-Guru Matematika Se-Kabupaten Ttu Melalui Kegiatan Bimtek Penulisan Proposal dan Artikel Ilmiah. Bakti Cendana, 2(2), 49–57. https://doi.org/10.32938/bc.2.2.2019.49-57
Miftakh, F., Dewi, I. P., & Wachyudi, K. (2023). Pelatihan Lesson Study for Learning Community kepada Guru-Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhinneka Karawang. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 157–163.
Nashiroh, P. K., Ekarini, F., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1), 43. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22906
Olfos, R., & Isoda, M. (2021). Japanese Lesson Study for Introduction of Multiplication. In M. Isoda & R. Olfos (Eds.), Teaching Multiplication with Lesson Study (pp. 103–131). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-28561-6_5
Purwasih, J. H. G., & Perguna, L. A. (2018). Mengenalkan Lesson Study Melalui Pelatihan Guru di Lingkungan Madrasah Aliyah Kabupaten Malang. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 80. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p80-86
Rahayu, S., Sutrio, S., Hikmawati, H., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pelatihan Lesson Study Bagi Guru-Guru SMA Muhammadiyah Mataram untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.29303/jppm.v1i2.894
Salim, S., Jamiludin, J., Darnawati, D., Abubakar, S. R., Nurhayati, N., & Irawaty, I. (2020). Pelatihan Pengembangan Desain Instruksional Untuk Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 1(2), 95–105.
Shamdas, G. B., Bialangi, M., Bialangi, M., Buntu, A., & Buntu, A. (2022). Penyuluhan dan Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Lesson Study pada Guru SMP di Palu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 86. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4659
Subhanadri, S., Hakiki, M., Sabir, A., & Guswita, S. (2021). Pelatihan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2(1), 33–38. https://doi.org/10.52060/jppm.v2i1.489
Susilawati, S., Doyan, A., Kosim, K., Wahyudi, W., Zuhdi, M., Musanni, M., & Rahmawati, S. (2020). Pelatihan Lesson Study Bagi Guru Fisika di SMAN 5 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.506
Thamrin, T., Maipita, I., & Hutasuhut, S. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Berbasis Lesson Study di Sub Rayon SMKN 7 Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(4), 479. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i4.8598
Winarto, K. (2018). Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Lesson Study bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di SMP Binaan Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(4), 417. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.82
Yulianto, A., & Firman, F. (2021). Pelatihan Lesson Study di Sekolah Dasar. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 4(1), 43–54.
Copyright (c) 2023 Muhammad Abdy, Fadhil Zil Ikram, Dita Mulyana Ramadhani, Rasydah Nur Tuada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.