Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka di MI Miftahul Huda 2

  • Istiyati Mahmudah IAIN Palangka Raya
  • Sulistyowati IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Syabrina IAIN Palangka Raya
  • Lutfia Maulida IAIN Palangka Raya
Keywords: Pelatihan, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Modul ajar kurikulum merdeka dianggap sebagai perangkat yang cukup krusial untuk kelancaran implementasi pembelajaran dengan paradigma yang baru. MI Miftahul Huda 2 adalah salah satu madrasah yang akan menerapkan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2023/2024. Terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi oleh pihak madrasah dalam menerapkan kurikulum merdeka Tujuan dari pengabdian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dari kurikulum merdeka. dan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka. Metode yang dipergunakan dalam pengabdian ini adalah pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan praktik dan diskusi. Hasil dari kegiatan pelatihan ini dapat membantu guru meningkatkan pemahaman terkait kurikulum merdeka dan modul ajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2022). Transformasi penerapan modul ajar pada kurikulum merdeka di PAUD. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 151-160. https://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/2422

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek (2023). Kurikulum Merdeka. Diakses melalui https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

Hardiyanti, S. A., Ermawati, E. A., Yustita, A. D., Rusadi, T. M., & Ulfiyati, Y. (2022). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Dan Pembuatan Website Berbasis Kurikulum Merdeka Di SDN 5 Karangsari. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 274-281. https://doi.org/10.46306/jub.v2i3.92

Kusumawardhana, B., Hudah, M., Setyawan, D. F., Widiyatmoko, F. A., Royana, I. F., Kresnapati, P., & Setyawan, D. A. (2022). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru PJOK Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat, 3(2), 82-88. https://doi.org/10.26877/jpom.v3i2.13926

Maarif, N. S. (2022). Peningkatan Ketrampilan Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Untuk Pembelajaran Kelas 1 Sd Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(1), 208-220. http://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/18

Mahmudah, I., Sulistyowati, S., & Jasiah, J. (2023). Pendampingan Persiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 727-732. https://doi.org/10.54082/jamsi.734

Maipita, I., Dalimunthe, M. B., & Sagala, G. H. (2021). The Development Structure of the Merdeka Belajar Curriculum in the Industrial Revolution Era. Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020), 163. Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icosiebe-20/125953007

Marlina, T. (2022). Urgensi dan implikasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1(1), 67-72. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snpe/article/view/24

Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: jurnal pemikiran dan pendidikan islam, 5(2), 130-138. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/392

Muzdalifa, E. (2022). Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 187-192. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/152

Noviantari, I., & Agustina, D. A. (2023). Development of Teaching Modules on Independent Curriculum Implementation. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 465-470. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71154

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan, Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). https://repositori.kemdikbud.go.id/24921/

Rahimah, R. (2022). Peningkatan kemampuan guru SMP negeri 10 kota tebingtinggi dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui kegiatan pendampingan tahun ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92-106. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Rhamdan, D., Kule, A., & Mas’ an Al Wahid, S. (2021). Analisis Pemanfaatan e-Learning di Masa Pandemi (Studi Kepustakaan: Learning Loss pada Peserta Didik). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 432–446. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.263

Sumandya, I. W., Sukendra, I. K., Suryani, M. I., & Pramesuari, D. P. (2022). Pkm. Penyusunan Kurikulum Oprasional Sekolah di Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 129-137. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1964

Wardhana, B. K., Hudah, M., Setyawan, D. F., Widiyatmoko, F. A., Royana, I. F., Kresnapati, P., & Setyawan, D. A. (2022). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru PJOK Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat, 3(2), 82-88. https://doi.org/10.26877/jpom.v3i2.13926

Published
2023-11-21
How to Cite
Mahmudah, I., Sulistyowati, S., Syabrina, M., & Maulida, L. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka di MI Miftahul Huda 2. Madaniya, 4(4), 1890-1897. https://doi.org/10.53696/27214834.657
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)