Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka di MI Miftahul Huda 2
Abstract
Modul ajar kurikulum merdeka dianggap sebagai perangkat yang cukup krusial untuk kelancaran implementasi pembelajaran dengan paradigma yang baru. MI Miftahul Huda 2 adalah salah satu madrasah yang akan menerapkan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2023/2024. Terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi oleh pihak madrasah dalam menerapkan kurikulum merdeka Tujuan dari pengabdian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dari kurikulum merdeka. dan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka. Metode yang dipergunakan dalam pengabdian ini adalah pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan praktik dan diskusi. Hasil dari kegiatan pelatihan ini dapat membantu guru meningkatkan pemahaman terkait kurikulum merdeka dan modul ajar.
Downloads
References
Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2022). Transformasi penerapan modul ajar pada kurikulum merdeka di PAUD. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 151-160. https://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/2422
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek (2023). Kurikulum Merdeka. Diakses melalui https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka
Hardiyanti, S. A., Ermawati, E. A., Yustita, A. D., Rusadi, T. M., & Ulfiyati, Y. (2022). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Dan Pembuatan Website Berbasis Kurikulum Merdeka Di SDN 5 Karangsari. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 274-281. https://doi.org/10.46306/jub.v2i3.92
Kusumawardhana, B., Hudah, M., Setyawan, D. F., Widiyatmoko, F. A., Royana, I. F., Kresnapati, P., & Setyawan, D. A. (2022). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru PJOK Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat, 3(2), 82-88. https://doi.org/10.26877/jpom.v3i2.13926
Maarif, N. S. (2022). Peningkatan Ketrampilan Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Untuk Pembelajaran Kelas 1 Sd Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(1), 208-220. http://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/18
Mahmudah, I., Sulistyowati, S., & Jasiah, J. (2023). Pendampingan Persiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MI Fathul Iman Palangka Raya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 727-732. https://doi.org/10.54082/jamsi.734
Maipita, I., Dalimunthe, M. B., & Sagala, G. H. (2021). The Development Structure of the Merdeka Belajar Curriculum in the Industrial Revolution Era. Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020), 163. Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icosiebe-20/125953007
Marlina, T. (2022). Urgensi dan implikasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1(1), 67-72. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snpe/article/view/24
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: jurnal pemikiran dan pendidikan islam, 5(2), 130-138. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/392
Muzdalifa, E. (2022). Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 187-192. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/152
Noviantari, I., & Agustina, D. A. (2023). Development of Teaching Modules on Independent Curriculum Implementation. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 465-470. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71154
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan, Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). https://repositori.kemdikbud.go.id/24921/
Rahimah, R. (2022). Peningkatan kemampuan guru SMP negeri 10 kota tebingtinggi dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui kegiatan pendampingan tahun ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92-106. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.
Rhamdan, D., Kule, A., & Mas’ an Al Wahid, S. (2021). Analisis Pemanfaatan e-Learning di Masa Pandemi (Studi Kepustakaan: Learning Loss pada Peserta Didik). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 432–446. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.263
Sumandya, I. W., Sukendra, I. K., Suryani, M. I., & Pramesuari, D. P. (2022). Pkm. Penyusunan Kurikulum Oprasional Sekolah di Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 129-137. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1964
Wardhana, B. K., Hudah, M., Setyawan, D. F., Widiyatmoko, F. A., Royana, I. F., Kresnapati, P., & Setyawan, D. A. (2022). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru PJOK Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat, 3(2), 82-88. https://doi.org/10.26877/jpom.v3i2.13926
Copyright (c) 2023 Istiyati Mahmudah, Sulistyowati Sulistyowati, Muhammad Syabrina, Lutfia Maulida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.