Pelatihan Penulisan Abstrak bagi Mahasiswa Semester Akhir sebagai Upaya Persiapan Penulisan Abstrak dalam Skripsi

  • Asfi Aniuranti Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Nuraini Muhasanah Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Indah Sulistiyawati Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Diah Arimbi Universitas Jenderal Ahmad Yani
Keywords: abstrak, mahasiswa semester akhir, pelatihan

Abstract

Abstrak merupakan bagian penting dalam setiap tulisan ilmiah dan acapkali menjadi bagian pertama yang dilihat oleh para pembaca. Meskipun tergolong singkat, seringkali mahasiswa kesulitan dalam menyusun abstrak dan melewatkan bagian-bagian penting yang harusnya ada dalam sebuah abstrak. Oleh karena itu, pelatihan penyusunan abstrak dinilai penting terutama bagi mahasiswa semester akhir di Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto yang sedang menyusun skripsi. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis abstrak, menggali persepsi mahasiswa mengenai pelatihan yang diadakan serta memberikan pengalaman menyusun abstrak. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama dua hari secara daring melalui Google Meet. Terdapat beberapa tahapan dalam pelatihan, yaitu pemaparan materi, diskusi, latihan terbimbing, latihan mandiri, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 13 mahasiswa dari 13 Prodi di Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Sosial, Ekonomi dan Humaniora. Sebelum kegiatan pelatihan, belum ada mahasiswa (0%) yang memiliki pengalaman menulis abstrak, dan di akhir kegiatan, tercatat ada 8 mahasiswa (61,53%) yang berhasil menyusun abstrak dengan topik yang telah disediakan. Jika dievaluasi dari kelengkapan komponen abstrak dan penggunaan bahasa, nilai rerata abstrak mahasiswa mencapai 75,62. Hasil angket juga menunjukkan respon postif mahasiswa peserta pelatihan. Mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap seluruh tahapan pelatihan dan terhadap abstrak itu sendiri. Kesimpulannya, pelatihan telah berhasil memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa dalam menulis abstrak dan kegiatan pelatihan mendapat respon yang positif dari para peserta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aniuranti, A., & Rizkina, P. A. (2019). Using ‘Because You Loved Me’ Song To Teach Past Simple in Efl Classrooms. Tarling : Journal of Language Education, 2(2), 135–146. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.2932

Aniuranti, A., Tsani, M. H. N., & Wulandari, Y. (2021). Pelatihan penyusunan Ice Breaking untuk penguatan kompetensi calon guru. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 85–93. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3578

Bandara, B. E. . (2017). Writing Research Abstracts. https://www.researchgate.net/publication/356492712_How_to_Write_an_Introduction_for_Research/link/619def4407be5f31b7b3b1b1/download

Cals, J. W. L., & Kotz, D. (2013). Effective writing and publishing scientific papers, part II: Title and abstract. Journal of Clinical Epidemiology, 66(6), 585. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2013.01.005

Derntl, M. (2014). Basics of Paper Writing and Publishing in TEL. International Journal Technology Enhanced Learning, 6(22), 105–123.

Kamil, M. (2013). Model-Model Pelatihan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Khatri, B. B. (2020). Peer Review Process in Scholarly Communication and Scientific Publishing. Nepalese Journal of Development and Rural Studies, 17, 15–19. https://doi.org/10.3126/njdrs.v17i0.34947

Khatri, B. B. (2022). Writing an Effective Abstract for a Scientific Paper. Nepalese Journal of Development and Rural Studies, 19, 1–7. https://doi.org/10.1001/archpedi.1988.02150040076021

Liumbruno, G. M., Velati, C., Pasqualetti, P., & Franchini, M. (2013). How to write a scientific manuscript for publication. Blood Transfusion, 11(2), 217–226. https://doi.org/10.2450/2012.0247-12

Nundy, S., Kakar, A., & Bhutta, Z. A. (2022). How to Practice Academic Medicine and Publish from Developing Countries ? Springer.

Nurlaila, R. R. (2014). Penerapan Pelatihan Instruktur Matematika Kreatif dalam Membentuk Kompetensi Pendidik Bagi Calon Instruktur di Lembaga Bimbel APIQ. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurlaila, R. R., Abdulhak, I., & Shantini, Y. (2014). Penerapan Pelatihan Instruktur Matematika Kreatif dalam Membentuk Kompetensi Pendidik bagi Calon Instruktur di Lembaga Bimbel APIQ. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 10(2).

Plakhotnik, M. S. (2017). Writer ’ s Forum — Tips to Understanding and Writing Manuscript Abstracts. New Horizons in Adult Education & Human Resource Development, 29(3), 51–55.

Pranoto, Y. H., & Fest Levinli, V. (2023). Two Tenses for All Sixteen Tenses: A Constructivist Approach. Tarling : Journal of Language Education, 7(1), 17–36. https://doi.org/10.24090/tarling.v7i1.9235

Sugandhi, D. F. P. (2016). Pemanfaatan Hasil Belajar Pada Pelatihan Keterampilan Mekanik Otomotif (Studi Kasus Pada Lulusan Lembaga Pendidikan Keterampilan Pelita Massa). Universitas Pendidikan Indonesia.

Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Penerbit ANDI.

Tsani, M. H. N., Aniuranti, A., & Budiman, A. (2021). Pelatihan English Conversation Bagi Tenaga Pendidik Di Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(2), 156–164. https://doi.org/10.46306/jub.v1i2.31

Tsani, M. H. N., Aniuranti, A., & Wulandari, Y. (2022). Pemberdayaan Kader IPNU-IPPNU Desa Beji Kec . Kedungbanteng Kab . Banyumas Melalui Pelatihan Protokoler dan Master of Ceremony Pendahuluan. Madaniya, 3(3), 557–566.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development R&D. Bumi Aksara.

Published
2023-11-14
How to Cite
Aniuranti, A., Muhasanah, N., Sulistiyawati, I., & Arimbi, D. (2023). Pelatihan Penulisan Abstrak bagi Mahasiswa Semester Akhir sebagai Upaya Persiapan Penulisan Abstrak dalam Skripsi. Madaniya, 4(4), 1747-1755. https://doi.org/10.53696/27214834.620
Section
Artikel